Hippocamp, Satelit Kecil di Neptunus

Astronom menyebutnya, satelit yang tak seharusnya ada. Itulah Hippocamp, satelit kecil yang baru ditemukan di planet Neptunus.

Ilustrasi Hippocamp, satelit kecil Neptunus. Kredit: NASA

Satelit kecil ini pertama kali ditemukan dan dipotret oleh Teleskop Hubble pada tahun 2013 di dekat satelit Proteus yang lebih besar.

Satelit kecil tersebut akhirnya diberi nama Hippocamp dan berada sangat dekat dengan Proteus. Jarak orbit keduanya hanya 12 ribu km. Menariknya, Hippocamp tidak terlontar ke luar ataupun dilahap atau ditarik oleh gravitasi Proteus. Ukuran Hippocamp hanya 34 km dengan massa 1/1000 massa Proteus yang ukurannya 418 km.

Rupanya Hippocamp adalah pecahan dari satelit besar yang bertabrakan dengan komet miliaran tahun lalu. Hal ini diketahui dari citra Voyager 2 pada tahun 1989 yang memperlihatkan kawah besar hasil tabrakan di Proteus. Ukurannya cukup besar sehingga bisa disimpulkan kalau tabrakan tersebut bisa jadi melontarkan sebagian satelit tersebut. Tampaknya, Hippocamp adalah bagian Proteus yang terlontar itu. Setelah terlontar, Hippocamp perlahan-lahan bermigrasi menjauh dari Proteus.

Sistem satelit Neptunus memang memiliki sejarah yang penuh kekerasan. Beberapa miliar tahun lalu, Neptunus menangkan Triton dari Sabuk Kuiper. Pada sata itu, gravitasi Triton yang besar menghancurkan satelit-satelit awal Neptunus. Setelah stabil pada orbitnya, puing-puing mantan satelit Neptunus itu kembali bergabung membentuk satelit generasi kedua. Bahaya lainnya datang dari bombardir komet yang menghantam satelit-satelit Neptunus, dan pada akhirnya melahirkan Hippocamp, satelit generasi ketiga di Neptunus.

Sumber: Hubblesite