Keluarga Yang Terus Bertambah

Sekelompok astronom berhasil menemukan 20 bulan baru yang mengorbit Saturnus.

Saturnus dan satelitnya. Kredit: UNAWE
Saturnus dan satelitnya. Kredit: UNAWE

Saturnus adalah planet ke-6 dari Matahari dan sangat terkenal karena memiliki cincin terang yang terbuat dari es dan batuan. Sekarang, Saturnus juga terkenal sebagai pemilik bulan terbanyak di antara planet-planet di Tata Surya!

Hasil penemuan terbaru menambah keluarga Saturnus menjadi 82 buah bulan, melampaui Jupiter yang hanya memiliki 79 bulan.

Bulan adalah satelit alam yang mengorbit planet. Sebagian besar planet di Tata Surya memiliki setidaknya satu buah bulan, seperti Bumi, dan sebagian lagi punya selusin bulan.

Bulan baru yang ditemukan mengelilingi Saturnus ini tidak besar dengan ukuran antara 3 – 5 km, atau hampir sama panjang dengan Hollywood Walk of Fame.

Yang lebih aneh lagi, 17 bulan Saturnus mengitari planet itu dengan gerak mundur, yang artinya berlawanan arah dari arah rotasi Saturnus. Hal ini diduga terjadi karena tabrakan dasyat yang terjadi di masa lalu yang menyebabkan ke-17 bulan Saturnus ini berbalik arah.

Fakta menarik

Jika ada lautan yang cukup besar, Saturnus akan mengambang di sana! Ini karena planet Saturnus terbuat dari gas, berbeda dengan Bumi yang disusun oleh batuan.

Sumber: UNAWE. Diterjemahkan oleh langitselatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *