Nama Kawah Bulan untuk 50 Tahun Apollo 8

Gugus Kerja Nomenklatur Sistem Keplanetan dari IAU akhirnya menyetujui penamaan dua kawah Bulan untuk perayaan 50 tahun misi Apollo 8.

Bumi Terbit yang dipotret oleh Willam Anders saat Misi Apollo 8. Kredit: William Anders / NASA
Nama kwah baru dalam foto Bumi Terbit yang dipotret oleh Willam Anders saat Misi Apollo 8. Kredit: William Anders / NASA

Kedua kawah itu diberi nama Anders’ Earthrise dan 8 Homeward. Kawah yang baru dinamai itu tampak pada latar depan foto berwarna legendaris “Bumi Terbit” yang dipotret astronaut Wiliam Anders.

Pada foto itu, Bumi yang bersinar biru tampak baru terbit ketika wahana luar angkasa muncul dari balik kegelapan Bulan yang tandus dan kering. Foto yang awalnya diambil hitam putih itu kemudian dipotret dengan film warna dan menjadi ikon penting dalam sejarah perjalanan luar angkasa. Foto yang sama juga menjadi ikon dalam gerakan lingkungan.

Tak pelak, foto Bumi Terbit merupakan foto penting yang pernah diambil misi Apollo 8.

Seperti yang kita ketahui, Bulan itu terkunci gravitasinya dengan Bumi. Akibatnya, hanya satu sisi Bulan yang akan tampak dari Bumi. Karena itu, Bumi tidak akan pernah tampak terbit di atas permukaan bagi seseorang yang berdiri pada sisi jauh Bulan.

Para astronaut dalam misi Apollo 8 beruntung karena mereka sedang mengorbit Bulan dan bisa menyaksikan pemandangan indah tersebut, sebelum kembali ke Bumi.

Misi Apollo 8 membawa tiga astronaut yakni Frank Borman, James Lovell, dan William Anders untuk mengorbit Bulan dari tanggal 21 – 27 Desember 1968. Setelah 10 kali mengorbit Bulan, mengirimkan foto-doto yang diambil ke Bumi, serta melakukan siaran langsung untuk televisi, kru pun kembali ke Bumi.

Tinggalkan Balasan