Robot Pendarat InSight tiba di Mars

Mars baru saja kedatangan penghuni baru. Robot pendarat InSight (Interior Exploration using Seismic Investigations, Geodesy and Heat Transport) dari Bumi.

Citra pertama wahana InSight. Kredit: NASA
Citra pertama wahana InSight. Kredit: NASA

Datang dari Bumi, InSight menempuh perjalanan sejauh 458 juta km dengan waktu tempuh 7 bulan. Wahana tersebut akhirnya mendarat di dekat ekuator Mars tanggal 26 November 2019 pukul 11:52:59. PST atau 02:52:59 WIB. Lokasi pendaratan Mars ini berada dekat ekuator atau tepatnya di sisi barat dataran lava yang dikenal sebagai Elysium Planitia (Dataran Elysium).

Robot InSight milik NASA tersebut bertugas untuk menyelidiki interior Mars selama dua tahun. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana pembentukan Mars. Hasil yang diperoleh InSigh kelak bisa menjadi petunjuk tentang pembentukan planet batuan di Tata Surya maupun satelit seperti Bulan. Data tersebut akan sangat berguna dalam mempersiapkan misi berawak ke Bulan dan ke Mars.

Wahana InSight sukses mendarat di Mars. Sinyal pendaratan itu dikirim oleh Mars Cube One (MarCO) CubeSats milik NASA yang diluncurkan bersama InSight dan mengikuti robot pendarat tersebut. MarCO adalah satelit mini berbentuk kubus pertama yang dikirim ke angkasa. Setelah berhasil melakukan sejumlah eksperimen komunikasi dan navigasi dalam penerbangan, MarCO kemudian diposisikan untuk menerima transmisi dari InSight selama robot tersebut masuk ke Mars, turun dan mendarat.

Dari Cepat ke Lambat

Robot InSight memasuki atmosfer Mars dengan kecepatan 19.800 km/jam, dan enam setengah menit kemudian robot ini pun mendarat dengan sukses di area ekutor Mars. Dalam waktu yang singkat tersebut, InSight harus melakukan beberapa kali penyesuaian kecepatan agar bisa mendarat dengan selamat.

Setelah mendarat, tugas pertama InSight adalah membuka kedua panel suryanya untuk memeproleh tenaga dari Matahari. Proses ini dimulai 16 menit setelah mendarat dan membutuhkan waktu 16 menit lagi untuk menyelesaikannya. Verifikasi keberhasilan InSight untuk membentangkan panel suryanya akan diperoleh dari wahana Odyssey yang sedang mengorbit Mars, dan diperoleh tim kontrol misi 5,5 jam setelah pendaratan.

Wahana InSight akan mulai mengumpulkan data ilmiah dalam minggu pertamanya di Mars, walau tim InSight yang ada di Bumi akan lebih mengutamakan persiapan instrumen InSight. Dua hari setelah mendarat, tim teknis akan membentangkan lengan robotik sepanjang 1,8 meter agar InSight dapat memotret lanskap Mars. Setelah lengan robotik ini memotret citra pertama dari Mars, maka instrumen lainnya pun akan mulai dikeluarkan. Dan dalam dua atau tiga bulan, lengan robotik itu akan mengeluarkan instrumen utama yang dibawa InSight yakni Seismic Experiment for Interior Structure (SEIS) dan Heat Flow and Physical Properties Package (HP3).

InSight akan beroperasi di permukaan Mars selama 1 tahun dan 40 hari Mars atau sols. Untuk kita di Bumi itu artinya InSight akan bertugas sampai 24 November 2020.

Sumber: NASA

Tinggalkan Balasan