Massa Bima Sakti Menurut Hubble dan Gaia

Kita hidup di sebuah kota bintang raksasa yang dikenal sebagai Bima Sakti dan dihuni oleh 200 miliar bintang. Tapi, jumlah ini hanyalah puncak gunung es. Berapa massa Bima Sakti?

Gugus Bola di sekeliling Bima Sakti. Kredit: NASA, ESA, and A. Feild (STScI)
Gugus Bola di sekeliling Bima Sakti. Kredit: NASA, ESA, and A. Feild (STScI)

Bima Sakti dikelilingi oleh sejumlah besar materi yang tidak tampak dan dikenal sebagai materi gelap. Materi tersebut bukan berwarna gelap melainkan tidak melepaskan radiasi. Meskipun demikian, para astronom bisa mengetahui keberadaannya karena tanpa materi gelap yang misterius, galaksi sudah terurai. Materi gelap menjaga keutuhan galaksi dengan gravitasinya.

Para astronom melakukan pengukuran massa galaksi untuk bisa memahami pembentukan galaksi di seluruh alam semesta dan evolusinya. Massa galaksi lain berkisar antara 1 miliar massa Matahari sampai 30 triliun massa Matahari. Bagaimana dengan Bima Sakti?

Tim Curious Astronomy menggunakan data Teleskop Hubble dan Satelit Gaia untuk mempelajari gerak gugus bola yang mengorbit galaksi kita seperti lebah yang mengelilingi sarangnya. Semakin cepat gugus bintang bergerak dalam pengaruh gravitasi, maka semakin masif pula galaksi tersebut. Hasilnya, massa Bima Sakti diperkirakan 1,5 triliun massa Matahari dan sebagian besar berasal dari materi gelap.

Dengan demikian, Bima Sakti merupakan galaksi Goldilock yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Atau… galaksi yang pas dan tepat!

Tinggalkan Balasan