Eksoplanet Seukuran Bumi Yang Ditemukan TESS

Wahana TESS berhasil menemukan eksoplanet pertama seukuran Bumi yang sedang mengorbit bintang dekat yang terang.

Ilustrasi Wahana TESS yang mencari planet kecil seukuran Bumi. Kredit: NASA Goddard Space Flight Center

Planet HD 21749c. Planet ini merupakan planet terkecil yang berhasil diidentifikasi oleh misi TESS (Transiting Exoplanet Survey Satellite) sampai saat ini. Seperti namanya, planet HD 21749c merupakan planet kedua yang ditemukan sedang mengitari bintang HD 21749 yang berada 52 tahun cahaya dari Bumi.

Planet lain yang sudah ditemukan sebelumnya adalah HD 21749b yang berada lebih jauh dan mengorbit setiap 36 hari. Planet HD 21749b merupakan planet hangat dari kelas sub-Neptunus yang ditemukan terlebih dahulu meskipun jaraknya lebih jauh.

Planet HD 21749b ditemukan pertama kali dalam data yang diamati TESS. Planet ini diketahui merupakan planet sub-Neptunus yang hangat. Para astronom menduga bahwa selain planet HD 21749b, sistem ini maish memiliki planet lainnya. Setelah dilakukan penelusuran data pengamatan, ditemukan sinyal redup lain yang mengindikasikan kehadiran planet kecil.

Ternyata benar. Sistem ini memiliki planet lain yang mengorbit tiap 7,8 hari. Planet seukuran Bumi yang baru ditemukan tampaknya bukan planet yang ramah untuk dihuni meski termasuk planet batuan. Berada sangat dekat dengan bintang, suhu di HD 21749c mencapai 430º C. Mirip dengan temperatur Venus yang mengalami efek rumah kaca berlebih.

Penemuan planet seukuran Bumi memang selalu menyenangkan. Bagaimana tidak. Hal ini memerlihatkan kemampuan TESS untuk bisa menemukan planey kecil di sekeliling bintang dekat. Dan dalam waktu dekat, tim TESS juga menargetkan misi ini untuk mengungkap keberadaan planet yang lebih dingin dengan kondisi yang cocok untuk kehidupan.

TESS mulai berburu eksoplanet sejak 18 April 2018 dengan empat buah kamera yang dipasang di wahana ini. Yang dicari adalah planet yang mengitari bintang-bintang dekat yang terang lewat metode transit. Misi TESS memang ditargetkan untuk mengidentifikasi setidaknya 50 planet batuan kecil dan mengukur massanya. Sampai saat ini, TESS sudah menemukan 10 planet seukuran Neptunus. Empat di antaranya sudah berhasil diukur massanya termasuk π Men b yang ukurannya 2 kali Bumi dan mengorbit bintang induk setiap 6 hari, LHS 3844b planet batuan panas yang lebih besar dari bumi dan mengorbit bintang setiap 11 jam, dan TOI 125b dan c, dua planet yang ditemukan dalam data awal pengamatan TESS.

Sumber: MIT